BERAPA LAMA WAKTU YANG DIBUTUHKAN AGAR MAHIR STIR MOBIL


Beberapa dari kita penasaran dengan berapa jumlah jam terbang (baca : latihan) seorang yang baru belajar mobil hingga bisa mahir melaju dengan santai dan enjoy dijalan raya. Pertanyaan ini memiliki banyak jawaban, saya akan mencoba menjawabnya secara rinci disini.
Pada intinya adalah kembali kepada diri sendiri, secepat apa anda menguasai materi-materi (dasarnya : ada 5 materi dasar yang harus dikuasai hingga benar-benar mahir stir mobil). Nah, faktor secepat apa anda menguasai ini bergantung lagi kepada hal- hal berikut :

  1. SDM Diri. Maksudnya adalah seberapa cepat anda menguasai materi2 latihan yang diberikan. Analoginya begini, saat sekolah SD dulu, dikelas saya, wajib setiap sisiwa mengusai perkalian 1-100 diluar kepala. Ketika semua siswa sudah bisa menghapal, tinggal saya seorang diri yang belum paham, padahal saya dirumah sepulang sekolah menghapal sampe jungkir balik diatas  kasur sampe2 otak ngebul ( kalo saja otakku pentium 1, meladak itu RAM-nya wkwkwk). Nah maka jawabannya, tergantung, setiap siswa berbeda daya tangkapnya ada yang cepat daya tangkapnya ada yang lelet kaya saya, murid terbodoh saat itu (tapi nggak apa2 yang penting  masuk surga akumah wkwkwk) 
  2. Pengalaman. Pengalaman disini adalah pengalaman yang bisa aja secara nggak sengaja meningkatkan daya tangkap kamu saat belajar stir mobil. Suka main ke mall tho?.. di mall ngapain aja?. beli sepatu, tas mahal ala Syahrini, CD K-POP, yang lebih parah beli CD Korea atau Sinetron?.. (wkwkwkwk ada gitu CD sinetron?..). Mungkin sekali-kali anda pernah bermain mobil2an maenan yang biasanya ada di arena anak?.. bahkan sampe ketagihan maen terus dan terus. Nah, ini pengalaman yang bagus dan secara tidak sadar kamu sedang belajar stir mobil juga, sehingga pas pertama kali belajar mobil (beneran) kamu tidak kikuk dan enjoy, malah ada yang bisa langsung lancar. Banyak lagi kasuss pengalaman yang akan membantumu mempercepat mahir stir mobil, misal di kantor sering markirin mobil pak bos, pernah kerja di bengkel, tempat pencucian mobil atau lain semisalnya.
  3. Nyali. Hmm .. bicara yang satu ini agak sensitif, karena orang itu ada yang bernyali tapi penuh perhituangan ada yang bernyali nekad tapi tidak punya perhitungan. So harus bisa jujur ke diri sendiri ya, kamu termasuk yang mana. Saya termasuk tipe yang pertama, kali ini saya menang meskipun saya waktu SD murid terbodo (emnotikon menyeingai tanda puas )
Setelah mengetahu 2 fakor diatas bisakah kita menggolongkan berapa jam rata2 kebutuhannya hingga bisa lancar dan mahir dijalan raya. Dibawah ini saya kategorikan berdasarkan pengalam yang sudah perah mengikuti latiha ya :
  1. Orang berinisial ID menguasai 5 tehnik dasar hanya dalam 3-4 jam. Itu perepmpuan nggak tahu makan-nya apa (mungkin kroto, atau apa gitu wkwkwk emangnya burung), saya tanya mbak bohong ya baru pertama kali belajar?.. swear baru pertama kali katanya. Nah mungkin si mbak itu sering maen mobil2an di mall waktu kecilnya, sykur deh dia nggak beli CD Kpop .
  2. Namun rata2 adalah kemampuan standar 3-9 jam itu penguasaan dasar saja ini yang paling banyak terjadi. Namun ini pun berbeda2 ada yang memang menguasai hingga tahap spontan ( lancar) ada yang cuma bisa aja (dasar menguasai tapi belum sampe hingga spontan.
Mengenai apa itu tahap spontan liat video berikut dan jangan lupa subcribe biar saya makin produktif bikin video lagi (dan jangan lupa beli ebook panduannya kalo mau lancar) :



Baca Juga lebih banyak tips : Disini 

Comments